Pages

Subscribe:

Rabu, Oktober 28, 2009

Sumpah Pemuda dan Etnis Tionghoa


ETNIS Tionghoa sebagai bagian integral bangsa ini ikut terlibat dalam beragam dinamika Indonesia. Termasuk saat peristiwa historis Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Saat itu para pemuda dari berbagai suku atau etnis mencetuskan sumpah yang sangat monumental. Sumpah yang merupakan "resolusi" kongres pemuda kedua (1928) itu adalah tekad bersama semua unsur pemuda di Nusantara untuk bersatu tanah air, bersatu bangsa, dan bersatu bahasa: Indonesia! Para pemuda itu sudah memiliki visi menghargai keragaman dan masing-masing memandang satu sama lain dalam posisi setara atau sederajat.

Lalu di mana peran etnis Tionghoa? Itu antara lain terbukti dengan dihibahkannya gedung Soempah Pemoeda oleh Sie Kong Liong. Selain itu, ada beberapa nama dari kelompok Tionghoa yang duduk dalam kepanitiaan. Di antaranya Kwee Tiong Hong dan tiga pemuda Tionghoa yang lain. Peran yang cukup signifikan boleh jadi terletak pada peran etnis ini untuk ikut berkomitmen mendukung isi Sumpah Pemuda butir ketiga "kami poetera dan poeteri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia", etnis Tionghoa juga punya sumbangan cukup lumayan.

***

Menurut bukti sejarah, dalam hal bahasa, kontribusi etnis ini memang tidak kecil. Sekadar diketahui, semula etnis Tionghoa, di Jawa khususnya, lebih suka berbahasa Jawa. Namun, sebuah keputusan yang diambil pemerintah Belanda dengan sistem tanam paksa (1830-1870) akhirnya memutuskan sistem pas (passenstelsel) yang praktis memisahkan orang Tionghoa dengan orang Jawa. Nah, praktis, sejak saat itu, etnis ini mulai berbahasa Melayu yang menjadi cikal bakal bahasa Indonesia.

Lalu, dengan terdongkraknya status sosial orang-orang peranakan golongan atas, mereka pun mulai mengembangkan sifat dan minat golongan atas, termasuk sastra dan tata pergaulan sosial. Kekayaan juga mendorong mereka menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah Belanda berbahasa Melayu yang didirikan pemerintah kolonial sejak 1854.

Anak-anak yang bersekolah di sekolah-sekolah itu, tentu saja, mulai menulis dalam bahasa Melayu, baik wartawan maupun sastrawan. Apalagi, surat kabar berbahasa Melayu juga mulai dicetak di percetakan yang hampir semuanya milik etnis Tionghoa, seperti Soerat Kabar Bahasa Melayoe (1856) dan Bintang Soerabaja (1860). Di awal abad ke-20, terbit koran besar Pewarta Soerabaia, Sin Tit Po, dan Sin Po. Harian Sin Po adalah surat kabar pertama yang menjadi pelopor penggunaan kata Indonesia menggantikan Nederlandsch-Indie, Hindia Nederlandsch atau Hindia Olanda dan menghapuskan penggunaan kata "inlander" yang dirasakan sebagai penghinaan bagi rakyat Indonesia. Langkah ini kemudian diikuti harian lain. Kemudian untuk membalas "budi" sebagian besar penerbitan pers Indonesia mengganti kata "China" dengan kata "Tionghoa".

Tanpa disadari, pers yang dikelola komunitas Tionghoa tersebut kemudian berkembang menjadi sarana efektif dalam penyebarluasan berbagai berita perjuangan bangsa ini untuk lepas dari penjajahan serta menjadi bangsa yang benar-benar merdeka dan berdaulat.

***

Nah, yang perlu digarisbawahi, jika peran etnis Tionghoa ditampilkan dalam tulisan ini, sebenarnya bukan bermaksud menonjolkan peran etnis ini sendiri dalam mendukung Sumpah Pemuda. Peran etnis Tionghoa mungkin sama saja atau bahkan tidak seberapa jika dibandingkan dengan para pemuda dari Jawa, Batak, atau Betawi, dan sebagainya. Peran etnis Tionghoa "terpaksa" disinggung di sini sekadar untuk menyegarkan ingatan, karena kadang masih terdengar penilaian etnis Tionghoa sama sekali tidak peduli dengan masalah-masalah kebangsaan atau etnis Tionghoa malah merusak bahasa Indonesia.

Kalau kita kembali ke semangat Sumpah Pemuda, penilaian minor yang mengecilkan peran etnis tertentu seperti disebutkan di atas hanya kontraproduktif bagi bangsa ini. Karena itu, semangat 1928 rasanya masih sangat relevan gaungnya untuk kita. Pasalnya, pada 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai suku dan agama sudah berani membangun tekad kebersamaan. Yang penting bagi mereka adalah semangat bersama untuk mewujudkan impian akan sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat bernama Indonesia.

Dan sebuah Indonesia yang berdaulat hanya bisa berdiri tegak jika setiap komponennya memiliki semangat dan visi multikultural yang menghargai keragaman, pluralisme, atau perbedaan. Entah seberapa besar atau kecil sumbangannya bagi Indonesia, tidak terlalu penting untuk diperdebatkan. Yang jauh lebih penting adalah solidaritas dan menjauhi semangat kesukuan atau semangat menonjolkan suku, etnis atau kelompok sendiri. Untuk itu, jangan gara-gara soal menteri saja, sampai mau bercerai dari NKRI.

Kini sudah 64 tahun lebih Indonesia merdeka. Semangat Sumpah Pemuda masih belum basi, terlebih untuk menjaga dan merawat Indonesia yang kini menghadapi 1001 persoalan, terlebih tantangan globalisasi, terorisme, dan korupsi. Kita yakin bila semua suku atau etnis atau elemen apa pun dari bangsa ini mau memberikan sumbangan positifnya, mungkin kita akan bisa meraih mimpi yang lebih besar, yakni Indonesia yang berkesetaraan dan berkeadilan, bukan almarhum Indonesia yang rusak karena tercerai berai berbagai ambisi primordialisme.

*) Mustofa Liem, PhD , Dewan Penasihat Jaringan Tionghoa untuk Kesetaraan
READ MORE - Sumpah Pemuda dan Etnis Tionghoa

Senin, Oktober 26, 2009

Mbah Gendeng


Bermula dari ngecek di komen blog saya melihat ada nama aneh disini dan tertarik buat ngeklik tu nama, namanya mbah gendeng, langsung aja ngeklik “klik” meluncur dech ke web ni mbah gendeng, pertama kali liat webnya mbah gendeng ini saya sempat kaget, mau tau kagetnya kenapa?? Lha wong di webnya ini bukan berisi tentang bisnis online dan tentang blogging sepeti yang saya baca tiap harinya, malah di blognya tuh berisi tentang hal-hal mistis dan ghaib kayak perdukunan, pelaris, ilmu pelet (bagi yang belum laku-laku mampir kesini biar banyak cewek yang mau he..he..)
Dan yang sempat bikin saya kaget tu disini ada prediksi mencari togel ( bagi yang suka main togel bisa minta kesini nich, daripada ngGrandong tengah malam, saya sendiri sich ga pernah maen togel tapi mungkin web mbah gendeng ini bermanfaat buat tetangga saya yang demen banget maen togel. Oia sampe lupa, kalo temen-temen yang pingin diramal atau pingin tau tentang keberuntungan dan hal lainnya kamu bisa juga kok diramal pake Tarot disini, mbah gendeng ahlinya tuh.. oia kelupaan, mungkin teman-teman ngira si pemilik web mbah gendeng ini seorang dukun atau seorang mbah yang aktif ngeBlog, eh aku baca-baca lagi ternyata mbah gendeng ini seorang mahasiswa kedokteran, oalah mbah..mbah… mahasiswa sambil ngerangkep jadi dukun toh…
Sukses buat mbah gendeng
READ MORE - Mbah Gendeng

Kamis, Oktober 22, 2009

Kerja keras adalah energi kita


Orang ga’ ngerti SEO mencoba ikutan SEO, apa jadinya yach??? He..he.. sebenarnya saya ga ngerti tentang SEO dan seluk beluknya tapi kali ini saya ikutan berpartisipasi untuk ikutan konter SEO yang diadakan oleh PERTAMINA dengan keyword kerja keras adalah energi kita. Mulai ajah ya nulis reviewnya.. :) 

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi semakin berkembangnya jaman dan teknologi maka semakin banyak pula perangkat-perangkat dan kendaraan dengan tekhnologi baru bermunculan. Dengan semakin banyaknya masyarakat menggunakan kendaraan maka semakin banyak pula konsumsi BBM yang digunakan, maka tidak bisa dipungkiri lagi polusi ada dimana-mana.

Pertamina sebagai salah satu perusahaan penyedia energi terbesar di Indonesia berusaha be kerja keras memberikan beberapa kemampuan terbaiknya untuk bangsa kita melalui beberapa produk yang inovatif dan dan handal. Mungkin kita semua sudah tahu dan sudah menggunakan LPG, salah satu hal yang membawa dampak besar dari penggunaan LPG ini kita selain kita bisa praktis dalam penggunaan sehari hari, kita juga bisa berhemat, menurut informasi yang saya baca dari situs PERTAMINA sendiri,bahwa penggunaan LPG ini telah menghemat subsidi BBm sebesar 10.7 trilliun, wah butuh kerja keras ya untuk penghematan segitu besarnya.

Selain LPG ada juga produk lain yaitu Bio Solar dimana bahan bakar ini terbuat dari tumbuhan/organic jadi kita bisa memproduksi sendiri bahan bakar tersebut tanpa kuatir kehabisan, selain bahan bakar tersebut organik, Bio Solar ini mampu menghemat konsumsi solar dari biasanya serta menjaga mesin lebih bersih dan yang pasti mengurangi nilai polutan polusi.

Ada salah satu kerja keras dari program PERTAMINA lain yang sukses berjalan mulai tahun kemarin yaitu Program Pasti PAS, dimana setiap SPBU mengutamakan pelayanan, karena pelanggan adalah prioritas. Untuk menjalan program ini PERTAMINA butuh kerja keras, karena mereka menganggap kerja keras adalah energi kita.

Dari slogan baru PERTAMINA ini “ kerja keras adalah energi kita “ PERTAMINA berharap ini tidak hanya sekedar slogan tapi perwujudan kerja keras untuk menjadikan Indonesia lebih baik.
READ MORE - Kerja keras adalah energi kita

Selasa, Oktober 13, 2009

Google Desktop 5.9.909.8267


Google Desktop Membuat pencarian di komputer Anda semudah mencari web dengan Google. Ini adalah aplikasi pencarian desktop yang menyediakan pencarian teks lengkap melalui email, file, musik, foto, chatting, Gmail, halaman web yang telah Anda lihat, dan banyak lagi. Dengan membuat komputer Anda dapat dicari, Desktop menempatkan informasi Anda dengan mudah dalam jangkauan Anda dan membebaskan Anda dari keharusan secara manual mengatur file, email dan bookmark.

Google Desktop tidak hanya membantu Anda mencari komputer Anda, tetapi juga membantu Anda mengumpulkan informasi baru dari web dan tetap terorganisir dengan gadget dan sidebar. Google Gadgets dapat ditempatkan di manapun di desktop Anda untuk menampilkan email baru, cuaca, foto, personalisasi berita, dan banyak lagi. Sidebar adalah panel vertikal pada desktop Anda yang membantu Anda tetap terorganisir gadget Anda.

Fitur lainnya termasuk:

Quick kotak pencarian
* Smart pengindeksan
* File yang beragam jenis
* Cari dihapus file
* Deskbar dan mengambang deskbar
* Kunci pencarian
* Microsoft Outlook integrasi

Title:Google Desktop 5.9.909.8267
Filename:GoogleDesktopSetup.exe
File size:1.92MB (2,015,728 bytes)
Requirements:Windows 2000/XP/2003/Vista/Windows7/XP64/Vista64/Windows7 64
License:Freeware
Date added:October 12, 2009
Author:Google

Download

READ MORE - Google Desktop 5.9.909.8267

Kamis, Oktober 08, 2009

Kasih Ibu


Ibu Meninggal Setelah 38 Tahun Merawat Putrinya yang Koma

Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali ... Sepenggal syair lagu itu benar-benar mengena pada sosok ibu asal AS ini. Wanita berusia 80 tahun itu selama berpuluh-puluh tahun merawat putrinya yang mengalami koma. Sampai akhirnya ibu penuh kasih itu meninggal, mendahului putrinya yang hingga saat ini masih terbaring dalam koma berkepanjangan.

Kaye O'Bara menutup mata untuk selamanya di rumahnya di Miami Gardens, Florida. Kamar yang selama ini ditempatinya bersama putrinya, Edwarda sejak 1970 silam. Kaye meninggal dalam tidurnya. Dia telah bertahun-tahun menderita penyakit jantung.

Semasa hidupnya Kaye pernah berjanji tak akan pernah meninggalkan Edwarda yang ketika itu masih remaja. Janji itu dimulai sejak Edwarda jatuh koma akibat penyakit diabetesnya 38 tahun yang lampau.

"Kami kira dia akan hidup melampaui kami semua. Wanita itu begitu kuat," kata keponakan Kaye, Pamela Burdgick seperti dilansir harian News.com.au, Sabtu (8/3/2008).

Selama kurun waktu 38 tahun, kisah pengabdian Kaye kepada putrinya, Edwarda menarik simpati banyak orang. Para pengunjung yang jumlahnya tak terhitung lagi mendatangi rumah Kaye. Bahkan ada pula sebagian orang yang datang dari Jepang untuk ikut merayakan ulang tahun Edwarda.

Kisah Kaye telah dituangkan dalam buku laris karya Dr. Wayne Dyer yang berjudul A Promise Is A Promise: An Almost Unbelievable Story of a Mother's Unconditional Love and What It Can Teach Us.

Edwarda, penderita diabetes, mengalami flu sebelum Natal 1969. Beberapa hari kemudian kondisinya memburuk dan orangtuanya, Kaye dan suaminya, Joe,membawanya ke rumah sakit.
Beberapa saat sebelum Edwarda kehilangan kesadarannya, remaja putri itu sempat bertanya kepada ibunya: "Janji ibu tidak akan meninggalkan saya, janji ya?" Kaye pun berjanji tidak akan pernah meninggalkan anak perempuannya itu. Itulah kata-kata terakhir yang disampaikan Kaye sebelum anaknya koma berkepanjangan. Dan Kaye menepati janjinya.
Kaye dengan teratur membalik tubuh putrinya tiap dua jam supaya tidak mengalami nyeri akibat berbaring terlalu lama. Kaye memberinya makan berupa campuran makanan bayi dan susu bubuk melalui tube, menyuntikkan insulin, memutar alunan musik, membacakan buku untuk Edwarda dan tak lelah berdoa di samping tempat tidur Edwarda supaya suatu hari nanti putrinya itu akan sadar kembali.

Bagi Kaye, mengurus putrinya itu bukanlah beban, melainkan berkat. Kaye sangat yakin, Edwarda akan terbangun. "Bagi saya, dia hampir sadar. Kadang-kadang saya merasa mendengar dia bicara: Ibu, saya baik-baik saja,"kata Kaye kepada media AS, Miami Herald beberapa waktu lalu.

Namun kini Kaye telah pergi untuk selamanya. Dia meninggalkan Edwarda yang masih terbaring koma entah sampai kapan. Adik Edwarda, Colleen O'Bara mengatakan, keluarga akan terus merawat Edwarda di rumah mereka. Sama seperti Kaye, Colleen juga yakin kakaknya itu akan sadar suatu hari nanti.

Suami Kaye, Joe mengalami serangan jantung pada tahun 1972 dan meninggal dunia empat tahun kemudian. Sejak itu, Kaye mengurus Edwarda dengan menggunakan tunjangan sosial dari pemerintah dan dana pensiun suaminya, ditambah lagi dengan sumbangan dari orang-orang.
READ MORE - Kasih Ibu

Kamis, Oktober 01, 2009

Payment from Bidvertiser, Perfect Money, and Nokia OVI




Awal bulan ini begitu mengesalkan, karena banyak banget hal yang harus saya kerjakan dan begitu banyak juga masalah yang terjadi di tempat saya bekerja. Tapi dibalik semua itu banyak hikmah yang saya dapat…, selain hikmahnya juga, saya juga dapat sedikit rejeki dari beberapa program di internet yang saya ikuti diantaranya pasang banner Perfect money, bidvertiser, dan OVi Nokia.


Pertama cerita tentang perfect money, dari program ini saya mendapat $20 tiap bulan dari pemasangan banner di blog saya lumayanlah bisa dijadikan tambahan income tiap bulan, bayaran tiap $20 ini berdasarkan peringkat blog saya karena blog saya PR2, jadi dapatnya $20.

Oia ngomong-ngomong tentang perfect money, saya punya program yang saya ikuti dan pembayaran melalui perfect money. Program ini tidak gratis, mungkin teman-teman udah pernah ngerti dengan yang namanya Xaga Enterprise, program ini semacam HYIP, tapi bedanya berbasis dengan casino di las vegas. Di program ini saya Cuma invest $5 dan tiap hari saya bisa mengambil profit 1.2%,dan tiap hari juga saya bisa payout. Kalo pingin liat-liat programnya liat disini.

Kedua cerita tentang bidvertiser, dari program ini saya mendapat $11 untuk bulan ini. Saya mendapat bayaran karena saya pasang iklan merekadi blog saya (PPC)

Nah ini yang terakhir dari Nokia, kalo yang ini sech bukan bayaran tapi hadiah, ceritanya gini sekitar satu bulan yang lalu saya dapat email dari seorang teman, katanya ada program bagus yang diundi tiap bulan dan hadiahnya lumayan. Pingin liat programnya kunjungi link ini Kejutan OVI, dari program ini kita diharuskan membuat akun dulu di nokia/OVI, ntar kita dapat email dari sini, emailnya sich simple banget, contoh email saya ekosulistio@ovi.com, kalo di gmail ma yahoo mungkin nama-nama kita udah banyak yang punya. Setelah kita buat akun di nokia/OVI, maka kita perlu ikut programnya yang namanya Kejutan OVI. Setelah itu udah dech, kita tinggal nunggu keberuntungan kita.

Cukup itu aja dech sharingnya semoga di bulan-bulan kedepan bisa nambah pendapatannya.

READ MORE - Payment from Bidvertiser, Perfect Money, and Nokia OVI

Recomended Link

Real Estate Ekosulistio Training Pupuk Hayati Freedom Banner Store Pasuruan Personal Blog Real Estate FriendsterQ YuwieQ Largo siwawan Gitar Keren Abah Rafi Jacky TeamTouring AskMsRecipe CRESTEC Wellness AlexaBaliTeam Tamsil Grace AUTOMOTIVE TipsKeluarga Jhoice Fashion Blog chexosfutsal BloggerAdicter nuqiah arie almacafe azlina Civilnotes myoopie Wyne Herry Maxi Prem aneez Shalini Kaka CoretanAba BaliDreamHome Maya hery sys NOva Ocim Trik Yuwie Lyla Sydrix HC AffiliteProgram chebonshawo Ratna BlueDianni Attayaya LuvFeeling Software Sunil MP3 Mercy Edhoy CrankDesigner Chrishiella BeeBill Ardi33 Iffat Dochi Dromeish Nanang SDA CRESTEC Aldy Nabel Pink Free MP3 Ponco IndoRockstar Best PTC Patromax Vrman Dimensiberita TechBeacon satriyo NARTI Nophie hckvismo FIAN Udinmduro UCUP Bangari Mind Author Eris-Agustian Deogracias Boen Xander Gooddell AryoSP Jinchuiricki Die Silver Flower Bordir Tourism Fiqyud Eightsun Khrisna masBhakti Viar About Samarinda FreeZipe World Cricket Free Download Software Rohman Jual Beli Ayam laga Danny Rahardja Fauzy Blekenyek Uliiah Black MyGoblog Pulsa Murah dan joss John Boy Book DeadBeatSuperAffiliate AlexandrkrulikProducts Sticker Outdoor Voice Plate TWHITE laurenhuston affiliatemarketingmission Money Making Site Of New Astronomy Los Angeles Adult Ruins Of War Pixerr hyperfbtraffic Roofing Charlotte The Phantom's Fixation social intellect in the social era Dating Via Social Media GourmetOrchards Social Media Etiquette StartMyNewBusiness Real Estate Gama Pulsa celebrity Home Improvement Automotive Parts Berita Mojokerto Hosting Mojokerto