Pages

Subscribe:

Senin, Agustus 29, 2011

Pantau Hilal Lewat 'Streaming' Bosscha

Tak perlu lagi repot-repat mendongakkan kepala ke langit. Melihat hilal 1 Syawal bisa lewat streaming internet.

Tanggal 1 Syawal atau Hari Idul Fitri dintentukan oleh posisi hilal atau kedudukan bulan atas bumi. Metode ini juga digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadan
Banyak daerah di Indonesia masih menggunakan cara manual melihat hilal, yakni dengan mata telanjang. Cara ini kadang menemui kendala, jika misalnya bulan tertutup awan atau saat langit mendung.

Untuk mengatasinya, muslim Indonesia punya metode lain yang lebih mudah, yaitu dengan sarana teknologi.

Melihat hilal bisa dilakukan semua orang dengan cara memantau observasi langit melalui streaming online yang diselenggarakan Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) melalui teropong observatorium Bosscha.

Program yang bekerja sama dengan PT Telkom dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (fMIPA ITB) ini diadakan dengan me-relay rekaman kondisi kangit dari 14 titik pemantauan, yaitu Lhoknga (Aceh), Medan (Sumut), UIN Suska (Riau), Lampung, UPI Bandung, Bkt Bela Belu (DIY), Pelabuhan Ratu, Mataram (NTB), Pontianak (Kalbar), Makassar, dan Biak (Papua).

Menurut situs Depkominfo, pengamatan Hilal 1 Syawal 1432H dapat dilaksanakan mulai hari ini (29/8). Tapi ada catatan, “Apabila internet Anda di belakang proxy, ada kemungkinan tidak bisa melihat tayangan ini."

Streaming bisa dilihat di bosscha.itb.ac.id/hilal, dan hilal.kominfo.go.id

Dengan program ini, pemerintah bermaksud memberi pendidikan dengan mengajak masyarakat luas untuk ikut serta memantau hilal. Dengan demikian keputusan 1 Syawal bukan sebatas keputusan Departemen Agama semata. [mor]
READ MORE - Pantau Hilal Lewat 'Streaming' Bosscha

Akan mungkin terjadi perbedaan Idul Fitri 1432 H

Perbedaan Idul Fitri antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) sangat mungkin akan kembali terjadi tahun ini. Pasalnya, ketinggian hilal pada 29 Ramadan 1432 H (29 Agustus 2011) masih di bawah 2 derajat sehingga kecil kemungkinan terlihat dalam proses rukyat.
"Tidak ada teleskop secanggih apa pun yang mampu melihat hilal di ketinggian rendah. Hilal yang dapat dilihat melalui teleskop minimal di ketinggian 4 derajat. Kalau teleskop saja tidak bisa, teorinya melihat hilal dengan mata telanjang akan lebih sulit," jelas Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof Thomas Djamaluddin di Jakarta, Minggu (28/8).

Hilal biasanya terlihat dengan mata telanjang bila jarak bulan dan matahari minimal 6,4 derajat dan perbedaan tinggi bulan dan matahari dari ufuk minimal 4 derajat. Bila ketinggiannya kurang dari 4 derajat, hilal mungkin sudah terbentuk (wujudul hilal), namun belum bisa dilihat dengan mata telanjang yang disyaratkan penganut metode imkan rukyat.

"Kalau posisi masih sangat rendah, mungkin rukyat akan gagal melihat hilal. Sehingga Ramadan digenapkan 30 hari dan Idul Fitri akan jatuh pada Rabu (31/8)," terang anggota Badan Hisab dan Rukyat (BHR) tersebut.

Sebelumnya, Pengurus Besar (PB) NU juga sudah memperkirakan, bakal ada dua Idul Fitri, yakni pada 30 dan 31 Agustus. Ketua Umum PB NU Said Aqil Siradj mengatakan, posisi hilal kurang dari 2 derajat sehingga mustahil bulan dilihat dengan mata telanjang. Karena itu, NU mungkin akan menggenapkan Ramadan menjadi 30 hari sehingga Idul Fitri jatuh pada 31 Agustus.

"NU berpatokan ke hadis, berpuasalah ketika kamu melihat bulan. Itu adalah petunjuk pelaksanaannya. Jadi, nanti akan dilihat ada atau tidak bulannya," terang Said Sabtu lalu (27/8).

Meski demikian, dia meminta potensi perbedaan tersebut tidak disikapi berlebihan. Penganut dua metode itu (hisab dan rukyat) diminta saling menghormati.
READ MORE - Akan mungkin terjadi perbedaan Idul Fitri 1432 H

Selasa, Agustus 09, 2011

Punya pacar posesif, gimana dunk?

Terkadang rasa sayang yg terlalu dalam dapat membuat pacar kita menjadi over protective.Dilarang ini,dilarang itu dengan berbagai alasan.Memang sih selama apa yg dia bilang itu baik,ga’ ada salahnya kalau kita ikutin.Tapi jangan kelewatan dUnks.Ingat!!! rasa cemburu dan posesif itu berbeda dengan rasa sayang.Mungkin pacar bersikap begitu Karena kita pernah ketahuan selingkuh atau melirik cowok laen.Tapi kalau masih terus-terusan meragukan kesetiaan kita,buat apa terus pacaran dan jadi saling menyakiti??
Tapi jangan langsung di putusin aja.Semuanya kan bisa di omongin baik-baik.Coba kasih kesempatan dan beri waktu agar dia bisa berubah. Nah,aq ada caRa nih agar pacar kita bisa berubah dan enggak posesif lagi :

>.Kenalkan pacar dengan semua teman kita,baik cewek ataupun cowok.Lalu biasakan untuk menceritakan tingkah laku mereka sehari-hari agar pacar lebih mengenal mereka dan ga’ merasa terancam.Tapi jangan keseringan juga,karena dapat membuat pacar jadi kesal.

>.Jika pacar sedang cemburu,jangan kita ladeni dengan marah dan kesal.Berpikiran positif aja kalau pacar kita kayak gitu mungkin karena dia sayang sama kita.Lalu bicarakan baik-baik.Siapa tahu saat mengaku cemburu,sebenarnya pacar hanya kecewa dengan kita karena kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman.Usahakan untuk membagi waktu bersama pacar dan bersama teman.Ada saatnya untuk kita berdua bersa pacar,dan ada juga saatnya untuk menggabungkan pacar dengan teman-teman kita.

>.Beri pengertian pada pacar untuk tidak membuka buku diary,hp,atau laptop kita sembarangan, membuka email, ngacak2 fesbuk, dan meremove teman2 cowok di fesbuk., .Bukan karena di dalamnya ada rahasia,tapi karena itu adalah benda pribadi yg perlu di hormati.Dan setiap orang kan berhak punya privasi.

>.Daripada membalas dengan gantian mencurigai setiap gerak geriknya,berikan kepercayaan padanya.Hindari menginvestigasi barang-barang pribadinya dan kendalikan rasa cemburu kita.

Enggak ada gunanya kan pacaran tanpa rasa percaya dan penuh curiga.Kalau pacar nggak mau berubah juga,mungkin itu tandanya kalau rasa sayangnya nggak cukup besar sama kita. Jadi apa kamu masih mau pacaran??? Semua keputusan itu ada di tangan kamu.

www.kiniku.com
READ MORE - Punya pacar posesif, gimana dunk?

Kerusuhan London Terburuk Sejak PD II

Kerusuhan di London berlanjut di hari ketiga dan mulai menyebar ke luar kota. Kekerasan meletus Sabtu setelah seorang pria tewas oleh polisi di Tottenham, sebuah daerah di bagian utara kota, pada hari Kamis. Menurut pengamat, kerusuhan telah meningkat menjadi bentrokan terburuk di negara itu sejak Perang Dunia II.
Lebih dari 200 orang telah ditangkap dan setidaknya satu orang dinyatakan tewas. "Sangat kecewa dengan sebagian kecil dari masyarakat," satu warga Inggris menulis di Twitter.
Kekerasan menyebarkan dengan cepat ke utara London ke kota Birmingham, di mana geng-geng perusuh muda memecahkan jendela toko dan menjarah bisnis lokal, BBC melaporkan.
Pihak berwenang mengirim polisi tambahan untuk memadamkan kerusuhan.
"Kami tidak akan mentolerir kekerasan tak berperi kemanusiaan dan kerusakan di mana saja di West Midlands, dan bekerja untuk memastikan bahwa pelaku diidentifikasi dan ditangkap secepatnya," kata Asisten Kepala Polisi Birmingham Sharon Rowe.
Kerusuhan juga menyebar ke bagian lain dari London pada Senin malam, dengan seluruh blok terbakar di sekitar Croydon, menurut laporan Twitter.
Di jalanan London, warga diminta untuk tetap tenang ketika para perusuh melempari jendela, membakar mobil, dan merusak rambu-rambu lalu lintas.
Seorang wanita setengah baya menjerit ketika penjarah menghancurkan jendela sebuah toko atletik, The London Telegraph melaporkan. "Hentikan kegilaan ini!" teriaknya. "Kami telah tinggal di sini begitu lama, dan sekarang Anda merusak komunitas kami Anda harus menghentikan perang ini atau semua orang akan terbunuh! Pikirkan anak-anak yang hidupnya Anda menghancurkan."
The National Rail menutup sejumlah stasiun karena kerusuhan sipil, Neal Mann, seorang jurnalis lepas untuk Sky News menuliskan tweet-nya.
READ MORE - Kerusuhan London Terburuk Sejak PD II

Recomended Link

Real Estate Ekosulistio Training Pupuk Hayati Freedom Banner Store Pasuruan Personal Blog Real Estate FriendsterQ YuwieQ Largo siwawan Gitar Keren Abah Rafi Jacky TeamTouring AskMsRecipe CRESTEC Wellness AlexaBaliTeam Tamsil Grace AUTOMOTIVE TipsKeluarga Jhoice Fashion Blog chexosfutsal BloggerAdicter nuqiah arie almacafe azlina Civilnotes myoopie Wyne Herry Maxi Prem aneez Shalini Kaka CoretanAba BaliDreamHome Maya hery sys NOva Ocim Trik Yuwie Lyla Sydrix HC AffiliteProgram chebonshawo Ratna BlueDianni Attayaya LuvFeeling Software Sunil MP3 Mercy Edhoy CrankDesigner Chrishiella BeeBill Ardi33 Iffat Dochi Dromeish Nanang SDA CRESTEC Aldy Nabel Pink Free MP3 Ponco IndoRockstar Best PTC Patromax Vrman Dimensiberita TechBeacon satriyo NARTI Nophie hckvismo FIAN Udinmduro UCUP Bangari Mind Author Eris-Agustian Deogracias Boen Xander Gooddell AryoSP Jinchuiricki Die Silver Flower Bordir Tourism Fiqyud Eightsun Khrisna masBhakti Viar About Samarinda FreeZipe World Cricket Free Download Software Rohman Jual Beli Ayam laga Danny Rahardja Fauzy Blekenyek Uliiah Black MyGoblog Pulsa Murah dan joss John Boy Book DeadBeatSuperAffiliate AlexandrkrulikProducts Sticker Outdoor Voice Plate TWHITE laurenhuston affiliatemarketingmission Money Making Site Of New Astronomy Los Angeles Adult Ruins Of War Pixerr hyperfbtraffic Roofing Charlotte The Phantom's Fixation social intellect in the social era Dating Via Social Media GourmetOrchards Social Media Etiquette StartMyNewBusiness Real Estate Gama Pulsa celebrity Home Improvement Automotive Parts Berita Mojokerto Hosting Mojokerto