Pages

Subscribe:

Rabu, Maret 19, 2008

Pengetahuan Dasar Internet

PENGETAHUAN DASAR INTERNET

a. Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain secara global/internasional baik melalui kabel, radio, satelit, dll.



b. IP Adress

Seperti telepon saja, kita bisa menghubungin siapa saja lokal/internasional asal kita tahu no.telp-nya. Demikian juga komputer. Komputer pun memiliki nomer, semacam nomer telepon yang istilahnya IP adress (IP = Internet Protocol). Contoh gampangnya, komputer telnet.arc.itb.ac.id punya alamat IP 167.205.9.36.



c. DNS (Domain Name System)

Udah ngerti kan, konsep IP Adress ? Untuk bisa komunikasi, sebuah komputer mengirimkan data berisikan IP Adress, jenis/metode permintaan data,dsb, sesuai dengan protokolnya. Kalau mesin nggak masalah. Tapi kalau kita menghapalkan nomer begitu panjang susah kan ? Makanya ada DNS, biar alamat seseorang /suatu komputer mudah diingat.

Contoh: Nama (domain) komputer : telnet.arc.itb.ac.id

IP Adress : 167.205.9.36.

Cobain : nslookup (di FreeBSD, ketik saja nama domain server yg diinginkan untuk mengetahui IP nya, untuk keluar gunakan exit)



d. Protokol

Protokol adalah aturan/bahasa dalam komunikasi data yang terjadi dalam internet. Sebuah komputer, merknya apa saja, siapa aja pembuatnya, bagaimana saja perhitungan mesinnya bisa saling berkomunikasi dengan komputer yang benar-benar berbeda asal mengerti bahasa yang sama. Itulah protokol. Gambarannya, orang bule, negro, asia, dll, walau penampilannya beda-beda, tetap bisa berkomunikasi, asalkan mereka mengerti bahasa yang sama. Gampangnya begitu. Dalam internet digunakan protokol TCP/IP.

Dalam LAN/WAN dapat juga memakai MS Windows Network, Novell, dll. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Protokol2 yang digunakan dlm TCP/IP memberikan macam-macam servis. Biasanya yang dipasangin servis beginian yaitu sistem FreeBSD atawa Linux. Ada juga system Windows yang diinstallin aplikasinya biar bisa terima FTP, HTTP, dll (cuman NT biasanya). Tapi umumnya di ITB jarang yg kayak begitu. Jadi gampangnya, anda biasanya tidak bisa ngeFTP atawa nTelnet (tentu saja !) ke komputer yang berbasis Windows (apalagi cuman windows biasa) seperti Elektron, Donald, BP, dll. Tapi kalau web, bisa ajah, gampang, asal diinstalin Web Servernya. Pengalaman saya bisa gampang itu install FrontPage 98, dan option Home Web nya dinyalain. (Teknisnya lupa lagi, coba aja). Syaratnya, komputer itu bisa konek internet melalui TCP/IP, nanti dia konfigur sendiri.

Waduh, jadi ngelantur nih. Kita kembali ke servis2 tadi. Servis2 yang akan sering anda pakai diantaranya :

- HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Protokol perpindahan file hypertext (file yang tidak hanya mengandung teks, tapi juga gambar, animasi, dll. Semacam doc di windows, tapi bermodus text, dan editable di Notepad). Selain itu ada juga :

- FTP (File Transfer Protocol)

Protokol pemindahan file, yang berurusan dengan hal Download, dan Upload. Gampangnya : Copy file antar komputer /jarak jauh.



Implementasi Internet



a. Login

Konsep login ini dipakai oleh sistem operasi yang bertingkat sekuriti tinggi. Jadi tidak seperti komputer pada umumnya, kita bisa tulis-baca-hapus seenaknya, dll. Setiap orang punya hak masing2 dengan batasan2 tertentu, dll. Biasanya ini diterapkan dalam sebuah komputer / jaringan yang multi user, di mana diadakan pengorganisasian yang rapi. Komputer yang melayani login semacam ini lebih dikenal dgn istilah "server". Dia biasanya harus nyala 24 jam. (Sedangkan komputer yang sering kita hadapi dlm sebuah jaringan dan berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan2 disebut workstation). Sistem operasi semacam ini contohnya : FreeBSD (Unix), dan Windows NT. Proses Login biasanya terdiri dari Pertanyaan nama login dan passwordnya. Baru setelah masuk (prompt) anda bisa mulai memanfaatkan system. Untuk mendapatkan hak akses pada sistem semacam ini anda harus menghubungi administrator komputer yang dimaksud. Dialah yang mengatur penambahan user, pengorganisasian sistem (konfigurasi, dll). (Kalau ke komputer students.ee, mesti bayar satu kali saja, di jurusan lain ada berupa iuran per tahun/semester). Untuk belajar, silakan kontak : toor@telnet.arc.itb.ac.id untuk mendapatkan login account gratis untuk jangka waktu sementara. Jangan lupa !! Sesudah bekerja, anda harus logout jika anda tak mau hak login anda dipakai orang lain.



b. Remote Login

Inilah istimewanya sistem operasi semacam ini. Kita dapat menggunakan fasilitas2 yang ada di suatu komputer server tanpa harus sama sekali menyentuh komputer yang dimaksud. Kita bisa melakukan login dari luar/komputer lain selama masih terhubung Internet/Jaringan.

Prakteknya

Di komputer ber-OS FreeBSD:

o Kalau itu komputer di mana anda mempunyai account, langsung aja login, masukkan nama dan password anda.

o Kalau komputernya bukan komputer di mana anda mempunyai account, ketik aja telnet di "Login :" nya. Kalau dia nanya password, ya udah, percuma walau dicoba. Berarti dia nggak mau. Gitu aja. Di HME, kita bisa melakukan ini di Plucky sama Students. Di ns3 nggak bisa (emang bukan untuk itu !).

Di komputer ber-OS Linux

- Nama aplikasinya : Rxvt atau XTerm

Di komputer ber-OS Windows : menggunakan aplikasi telnet :

o Aplikasi khusus Harus diinstall : Qvt (Terminal). Unuk koneksi klik File, lihat daftar server yg ada (di bawah), klik langsung. Atau open, lalu ketik lagi secara manual alamat server yang dimaksud.

o Tidak usah install : Start-Run. Ketik telnet. Pakai VT100 agar bisa Pine

E-Mail

Electronic mail adalah fasilitas surat menyurat elektronik yang ada dalam sebuah system. Aplikasi utama yang sering dijumpai di ITB yaitu aplikasi Pine di FreeBSD.

Prakteknya

Loginlah di komputer yang sudah anda miliki aksesnya (lihat bab sebelumnya).

Di prompt ketik "pine" misalnya seperti ini:

donny>>pine

Atau :

Menggunakan Web-based e-mail (nggak pake login di komputer lain secara langsung, tapi melalui HTML browsing. (pake Netscape, Internet Explorer,dsb)). Untuk mendapatkan e-mail account gratis Caranya, browselah ke (pilih salah satu) :

http://www.hotmail.com

http://www.mailcity.com

http://www.gurlmail.com

http://www.rocketmail.com

kalau yang buatan Indonesia :

http://www.bimamail.com

http://webmail.ee.itb.ac.id à recommended ! Buatan anak HME, servernya di himpunan, jadi cepet !

Lalu silakan melakukan registrasi step by step. Gampang kok, ada instructionnya.

Kalau udah beres, silakan login, gampang.

Nah, sekarang kita bahas apa saja yang biasanya ada dalam layanan mail.

Istilah-istilah yang umum dijumpai dalam hal Electronic Mail :

E-mail Adress : Jangan salah dgn IP Adress !! E-mail adress biasanya terdiri dari nama login account kita, diikuti nama host (misal kalau nama login Donny, di server telnet.arc.itb.ac.id, maka alamatnya donny@telnet.arc.itb.ac.id. Sedangkan IP adress yah nama domain hostnya itu.

Inbox : Kotak Surat utama

Compose : Menulis surat

2 komentar:

BLOG BERBAGAI ILMU mengatakan...

woke!!

Gejala Herpes mengatakan...

Makasih nih ilmu dasar internetnya moga sukses trus gan...

Posting Komentar

Recomended Link

Real Estate Ekosulistio Training Pupuk Hayati Freedom Banner Store Pasuruan Personal Blog Real Estate Kertas Thermal Kertas Struk FriendsterQ YuwieQ Largo siwawan Gitar Keren Abah Rafi Jacky TeamTouring AskMsRecipe CRESTEC Wellness AlexaBaliTeam Tamsil Grace AUTOMOTIVE TipsKeluarga Jhoice Fashion Blog chexosfutsal BloggerAdicter nuqiah arie almacafe azlina Civilnotes myoopie Wyne Herry Maxi Prem aneez Shalini Kaka CoretanAba BaliDreamHome Maya hery sys NOva Ocim Trik Yuwie Lyla Sydrix HC AffiliteProgram chebonshawo Ratna BlueDianni Attayaya LuvFeeling Software Sunil MP3 Mercy Edhoy CrankDesigner Chrishiella BeeBill Ardi33 Iffat Dochi Dromeish Nanang SDA CRESTEC Aldy Nabel Pink Free MP3 Ponco IndoRockstar Best PTC Patromax Vrman Dimensiberita TechBeacon satriyo NARTI Nophie hckvismo FIAN Udinmduro UCUP Bangari Mind Author Eris-Agustian Deogracias Boen Xander Gooddell AryoSP Jinchuiricki Die Silver Flower Bordir Tourism Fiqyud Eightsun Khrisna masBhakti Viar About Samarinda FreeZipe World Cricket Free Download Software Rohman Jual Beli Ayam laga Danny Rahardja Fauzy Blekenyek Uliiah Black MyGoblog Pulsa Murah dan joss John Boy Book DeadBeatSuperAffiliate AlexandrkrulikProducts Sticker Outdoor Voice Plate TWHITE laurenhuston affiliatemarketingmission Money Making Site Of New Astronomy Los Angeles Adult Ruins Of War Pixerr hyperfbtraffic Roofing Charlotte The Phantom's Fixation social intellect in the social era Dating Via Social Media GourmetOrchards Social Media Etiquette StartMyNewBusiness Real Estate Gama Pulsa celebrity Home Improvement Automotive Parts Berita Mojokerto Hosting Mojokerto Berita Mojokerto