Pages

Subscribe:

Selasa, November 02, 2010

Tips Menyelamatkan Diri ketika Terjadi Gempa Bumi


Dear teman-teman yang budiman
Akhir-akhir ini Wilayah Indonesia semakin sering terjadi Gempa, seperti kita ketahui Indonesia memang wilayah yang rawan Gempa...
Nah oleh karena itu saya ingin berbagi melalui postingan ini mohon dibaca dengan seksama karena suatu saat teman-teman pasti sangat membutuhkannya (bukan ngedoain yang buruk) karena lebih baik sedia payung sebelum hujan....
Semoga Bermanfaat...

Perlindungan Terhadap Gempa

1. Cari Perlindungan
Lindungi kepala anda dengan helm atau bantal, dan bersembunyi di tempat yang aman, seperti di bawah meja(yang kuat) karena sekalipun di dalam rumah genteng, kaca, pajangan, figura foto dsb mungkin akan jatuh menimpa Anda.

2. Padamkan API
Gempa susulan bisa datang kapan saja setelah gempa pertama. tetap tenang dan padamkan api apabila anda sedang memasak.
Perhatian!! Jika Anda memasak, minyak atau air mendidih bisa tumpah selama gempa. Dalam keadaan seperti itu, Anda harus segera menjauhkan diri dari minyak atau air dan memadamkan api setelah berhenti gempa.

3. Buka pintu dan mengamankan jalan keluar
Gempa bumi bisa merusak bangunan, terutama bangunan apartemen, sehingga mustahil untuk membuka pintu dan melarikan diri.Buka pintu dan jendela untuk mengamankan rute melarikan diri dan mencegah terjebaknya anda.

4. Hindari barang-barang pecah belah
Anda dapat melukai kaki Anda pada pecahan kaca dan benda-benda lainnya. Siapkan senter dan sandal dekat tempat tidur Anda sehingga Anda akan dapat bergerak dengan aman.

5. Segera mencapai tempat Evakuasi terdekat
Karena disana terdapat fasilitas seperti dapur darurat, medik, obat-obatan, Polisi, dan tempat untuk beristirahat

6. Balita, ibu hamil, orang sakit, dan orang tua
Tetap tenang dan bawalah bantal yang cukup untuk melindungi mereka dari runtuhan yang dapat menimpa mereka, anak-anak mudah untuk digendong tapi tetap lindungi bagian-bagian vital mereka dari runtuhan. apabila kita tidak dapat mengangkat orang yang sakit atau orang tua lindungilah mereka dibawah meja yang kuat kemudian buatlah posisi meringkuk seperti kucing dibawah meja tersebut, dan lindungilah dengan kasur atau bantal sebanyaknya.

7. Ketika berjalan di luar
Berhati-hati terhadap benda yang jatuh, seperti tanda-tanda dan jendela rusak. Alat dan bahan konstruksi dapat jatuh di lokasi konstruksi. Lindungi kepala dengan tas atau mantel dan tetap pada jarak dari gedung tinggi. Dinding batu dan pilar juga bisa jatuh ke bawah dan berpotensi membahayakan.

8. Ketika mengendarai mobil
Memegang teguh kemudi, secara bertahap mengurangi kecepatan, parkir mobil Anda tempat yang aman dan netralkan gigi. Mendengarkan informasi di radio dan mencari tahu apa yang terjadi. Jika Anda perlu untuk mengevakuasi, meninggalkan kunci Anda, menjaga pintu-pintu terkunci, dan berjalan pergi dengan dokumen mobil dan barang-barang berharga.

9. Ketika berada dibawah tanah atau dalam kereta api bawah tanah
Goncangan Anda rasakan ketika Anda berada dibawah tanah adalah sekitar setengah dari apa yang Anda akan mengalami di atas tanah. Selain itu, daerah bawah tanah memiliki struktur yang kuat dan lebih aman daripada bangunan bertingkat tinggi. Dengan tenang mengungsi, mengikuti instruksi evakuasi.

10. Ketika di bangunan bertingkat tinggi
Elevator dengan sensor gempa akan berhenti di lantai terdekat.Segera meninggalkan lift.Jika Anda terjebak di lift, gunakan interkom untuk menghubungi seseorang di luar dan menunggu penyelamatan. Bila Anda evakuasi dari bangunan, tidak pernah menggunakan lift, mendengarkan pengumuman, dan menggunakan tangga untuk meninggalkan gedung. Gunakan lah tangga darurat karena konstruksi tangga darurat lebih kuat 2 hingga 3 kali lipat dari gedung itu sendiri.

11. Ketika dekat laut
Usahakan menuju tempat yang lebih tinggi dan berhati-hati. Dengarkanlah informasi mengenai tsunami (biasanya akan diteriakan oleh penjaga pantai. Jangan dekat-dekat laut sampai peringatan tsunami telah dicabut. kenalilah dengan tanda-tanda terjadinya tsunami. Jangan bahkan berpikir tentang pergi untuk menonton tsunami!

12. Perhatikan arah Evakuasi
Bila anda sedang berada dalam gedung pelajari rute-rute evakuasi untuk menghindari kepanikan pada diri anda apa bila terjadi Gempa

13. Harta Benda
Apabila anda tidak mempunyai Barankas simpanlah dokumen-dokumen penting pada suatu tas dan mudah diakses, apabila terjadi gempa maka mudah untuk membawanya.
Perhatian!! jangan membawa barang yang berat yang dapat memperlambat gerakan anda.

14. Lapangan
Apabila terjadi gempa pergilah ketempat yang luas dan terbuka seperti lapangan atau taman(hindari berada dibawah pohon).
Perhatian!! apabila tempat tinggal anda dipinggir jalan perhatikan sebelah kiri dan kanan anda

15.Tunggu ada konfirmasi keadaan aman sebelum kembali kerumah anda
Setelah Anda telah dievakuasi, tidak pernah kembali ke rumah untuk mengambil uang atau harta. Anda mungkin menjadi terperangkap di bawah puing-puing atau terjebak dalam api.Cobalah untuk menghindari memasuki rumah Anda sampai ada konfirmasi bahwa daerah tersebut sudah aman

2 komentar:

home mengatakan...

NIce tips gan.... semoga bermanfaat untuk yg lainnya....

antok ebleh mengatakan...

Inponya mantab mas... Bisa mengantisipasi dulu nih bila ada gempa.. Tapi aku gak mau kota yang aku temapati aman dari bencana.. Amin

Posting Komentar

Recomended Link

Real Estate Ekosulistio Training Pupuk Hayati Freedom Banner Store Pasuruan Personal Blog Real Estate FriendsterQ YuwieQ Largo siwawan Gitar Keren Abah Rafi Jacky TeamTouring AskMsRecipe CRESTEC Wellness AlexaBaliTeam Tamsil Grace AUTOMOTIVE TipsKeluarga Jhoice Fashion Blog chexosfutsal BloggerAdicter nuqiah arie almacafe azlina Civilnotes myoopie Wyne Herry Maxi Prem aneez Shalini Kaka CoretanAba BaliDreamHome Maya hery sys NOva Ocim Trik Yuwie Lyla Sydrix HC AffiliteProgram chebonshawo Ratna BlueDianni Attayaya LuvFeeling Software Sunil MP3 Mercy Edhoy CrankDesigner Chrishiella BeeBill Ardi33 Iffat Dochi Dromeish Nanang SDA CRESTEC Aldy Nabel Pink Free MP3 Ponco IndoRockstar Best PTC Patromax Vrman Dimensiberita TechBeacon satriyo NARTI Nophie hckvismo FIAN Udinmduro UCUP Bangari Mind Author Eris-Agustian Deogracias Boen Xander Gooddell AryoSP Jinchuiricki Die Silver Flower Bordir Tourism Fiqyud Eightsun Khrisna masBhakti Viar About Samarinda FreeZipe World Cricket Free Download Software Rohman Jual Beli Ayam laga Danny Rahardja Fauzy Blekenyek Uliiah Black MyGoblog Pulsa Murah dan joss John Boy Book DeadBeatSuperAffiliate AlexandrkrulikProducts Sticker Outdoor Voice Plate TWHITE laurenhuston affiliatemarketingmission Money Making Site Of New Astronomy Los Angeles Adult Ruins Of War Pixerr hyperfbtraffic Roofing Charlotte The Phantom's Fixation social intellect in the social era Dating Via Social Media GourmetOrchards Social Media Etiquette StartMyNewBusiness Real Estate Gama Pulsa celebrity Home Improvement Automotive Parts Berita Mojokerto Hosting Mojokerto