Pages

Subscribe:

Selasa, September 29, 2009

Honda Luncurkan Unicycle U3-X


MODERNITAS zaman mengharuskan mobilitas seseorang berlangsung secara cepat. Seseorang harus bisa bepergian ke mana saja secara cepat. Ruang yang dihabiskan untuk kendaraan pun sebisanya diperkecil agar volume kendaraan tidak mengakibatkan kemacetan.

Pabrikan otomotif Jepang, Honda, memperkenalkan teknologi personal mobility device terbaru mereka, yakni U3-X. Alat ini merupakan kendaraan personal yang mudah dibawa serta bebas polusi dengan konsep harmony with people.

U3-X merupakan singkatan dari unicycle, universal, dan upright. Sesuai dengan namanya, U3-X berbentuk unicycle alias sepeda beroda satu. Honda Motor Co. mengembangkan teknologi personal mobility device pada U3-X dengan tiga buah fitur unggulan.


Fitur utama yang diunggulkan adalah teknologi HOT Drive System (Omni-directional driving wheel system). U3-X diklaim Honda sebagai kendaraan pertama di dunia yang mengadopsinya. Teknologi ini mendukung aspek gerakan lebih bebas ke segala arah. U3-X mampu berjalan maju, mundur, diagonal, berputar, dan bahkan ke kiri dan ke kanan!

Teknologi ini dimungkinkan karena roda besar U3-X sebenarnya terdiri atas bagian-bagian kecil berbentuk melingkar. Bagian-bagian kecil tersebut bisa berputar ke kiri dan ke kanan serta menggerakkan pengguna U3-X ke dua arah tersebut. Dengan menggabungkan gerakan-gerakan ini, U3-X mampu bergerak secara diagonal.

Teknologi kedua adalah balance control technology yang membuat level keseimbangan pada U3-X menjadi lebih baik. Pada teknologi ini, terdapat sensor yang mendeteksi kecondongan alat berdasar pada pergeseran berat badan pengendaranya.

Untuk mengatur kecepatan dan arah gerak U3-X, pengguna cukup mengarahkan berat badannya ke arah yang ingin dituju. Karena level keseimbangannya yang tinggi, pengguna tidak perlu takut jatuh ketika sedang mengendarai U3-X.

Fitur ketiga yang melengkapi keunggulan kendaraan personal ini adalah modelnya yang compact. U3-X memiliki kerangka yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja. U3-X mengadopsi bentuk desain monocoque body. Dudukan dan footrest untuk pengendara dapat dilipat ke sisi badan U3-X ketika tidak digunakan. Bagian atas alat ini juga dilengkapi handle yang memungkinkannya ditenteng ke mana-mana.

Berat U3-X yang kurang dari 10 kilogram membuatnya mudah dibawa-bawa. Dimensi U3-X juga tidak makan banyak ruang karena lebar alat ini didesain hanya selebar tubuh seseorang ketika berdiri.

Alat ini juga dapat sekaligus digunakan sebagai tempat duduk yang nyaman tanpa harus repot-repot menyeimbangkan badan. Ketika U3-X digunakan, tinggi badan pengendara tidak akan jauh berbeda dengan tinggi badan manusia ketika berdiri. Dengan begitu, sambil duduk di atas U3-X, pengguna bisa tetap mengobrol dengan orang lain secara nyaman.

Honda berencana memperkenalkan U3-X secara resmi dalam acara 41st Tokyo Motor Show 2009 yang diselenggarakan di Chiba, Jepang, pada 24 Oktober. Sayang, kendati sudah dikembangkan sedemikian rupa, Presiden Honda Motor Co. Takanobu Ito menyatakan bahwa pihaknya belum berencana memasarkan U3-X secara masal. (kiy/bs/rum)

Honda U3-X:

Dimensi ukuran (panjang x lebar x tinggi)31,5 x 16 x 65 cm

BeratKurang dari 10 kg

Baterai Litium-ion

Daya tahan baterai (full charge)1 jam

Kecepatan6 km/jam

Dudukan untuk pengendara bisa dilipat ke bawah, footstep juga bisa dilipat ketika tidak digunakan.

Ketika duduk di atas U3-X, posisi mata pengguna sejajar dengan mata manusia pada umumnya. Sehingga, pengguna bisa mengobrol secara nyaman dengan orang lain yang berdiri di dekatnya.

Lebar U3-X dirancang sedemikian rupa agar kurang lebih sama dengan ruang gerak yang dihabiskan seseorang. Sehingga, pergerakannya tidak akan makan tempat
source : harian jawapos

8 komentar:

nabel mengatakan...

wah.. keren nich honda...

beebill mengatakan...

makin maju nih teknologi jaman sekarang...
nice info sob...

narti mengatakan...

wow keren nih, bebas macet ya...
Jepang lagi deh...

Aldy mengatakan...

Honda memang tidak berhenti berkreasi, para enginernya selalu memiliki ide-ide yang cemerlang.

Indo Hijau mengatakan...

Kalau di Indonesia disarankan menggunakan sepeda ontel saja, apalagi bagi penduduk jakarta. Pencemaran sudah terlalu parah. Lagian mau beli produk honda ini kan mahal.

denpry mengatakan...

sebuah karya yang fantastis bro...gimana yach orang kok pinter2 gitu...makanya apa coba...ato keturunan yach

sewa komputer mengatakan...

visist to website, i want to know about bisnis..thanx

AMIN mengatakan...

Tekhnologi semakin maju aja ya....

Posting Komentar

Recomended Link

Real Estate Ekosulistio Training Pupuk Hayati Freedom Banner Store Pasuruan Personal Blog Real Estate FriendsterQ YuwieQ Largo siwawan Gitar Keren Abah Rafi Jacky TeamTouring AskMsRecipe CRESTEC Wellness AlexaBaliTeam Tamsil Grace AUTOMOTIVE TipsKeluarga Jhoice Fashion Blog chexosfutsal BloggerAdicter nuqiah arie almacafe azlina Civilnotes myoopie Wyne Herry Maxi Prem aneez Shalini Kaka CoretanAba BaliDreamHome Maya hery sys NOva Ocim Trik Yuwie Lyla Sydrix HC AffiliteProgram chebonshawo Ratna BlueDianni Attayaya LuvFeeling Software Sunil MP3 Mercy Edhoy CrankDesigner Chrishiella BeeBill Ardi33 Iffat Dochi Dromeish Nanang SDA CRESTEC Aldy Nabel Pink Free MP3 Ponco IndoRockstar Best PTC Patromax Vrman Dimensiberita TechBeacon satriyo NARTI Nophie hckvismo FIAN Udinmduro UCUP Bangari Mind Author Eris-Agustian Deogracias Boen Xander Gooddell AryoSP Jinchuiricki Die Silver Flower Bordir Tourism Fiqyud Eightsun Khrisna masBhakti Viar About Samarinda FreeZipe World Cricket Free Download Software Rohman Jual Beli Ayam laga Danny Rahardja Fauzy Blekenyek Uliiah Black MyGoblog Pulsa Murah dan joss John Boy Book DeadBeatSuperAffiliate AlexandrkrulikProducts Sticker Outdoor Voice Plate TWHITE laurenhuston affiliatemarketingmission Money Making Site Of New Astronomy Los Angeles Adult Ruins Of War Pixerr hyperfbtraffic Roofing Charlotte The Phantom's Fixation social intellect in the social era Dating Via Social Media GourmetOrchards Social Media Etiquette StartMyNewBusiness Real Estate Gama Pulsa celebrity Home Improvement Automotive Parts Berita Mojokerto Hosting Mojokerto