MODERNITAS zaman mengharuskan mobilitas seseorang berlangsung secara cepat. Seseorang harus bisa bepergian ke mana saja secara cepat. Ruang yang dihabiskan untuk kendaraan pun sebisanya diperkecil agar volume kendaraan tidak mengakibatkan kemacetan.
Pabrikan otomotif Jepang, Honda, memperkenalkan teknologi personal mobility device terbaru mereka, yakni U3-X. Alat ini merupakan kendaraan personal yang mudah dibawa serta bebas polusi dengan konsep harmony with people.
U3-X merupakan singkatan dari unicycle, universal, dan upright. Sesuai dengan namanya, U3-X berbentuk unicycle alias sepeda beroda satu. Honda Motor Co. mengembangkan teknologi personal mobility device pada U3-X dengan tiga buah fitur unggulan.
Pabrikan otomotif Jepang, Honda, memperkenalkan teknologi personal mobility device terbaru mereka, yakni U3-X. Alat ini merupakan kendaraan personal yang mudah dibawa serta bebas polusi dengan konsep harmony with people.
U3-X merupakan singkatan dari unicycle, universal, dan upright. Sesuai dengan namanya, U3-X berbentuk unicycle alias sepeda beroda satu. Honda Motor Co. mengembangkan teknologi personal mobility device pada U3-X dengan tiga buah fitur unggulan.
Fitur utama yang diunggulkan adalah teknologi HOT Drive System (Omni-directional driving wheel system). U3-X diklaim Honda sebagai kendaraan pertama di dunia yang mengadopsinya. Teknologi ini mendukung aspek gerakan lebih bebas ke segala arah. U3-X mampu berjalan maju, mundur, diagonal, berputar, dan bahkan ke kiri dan ke kanan!
Teknologi ini dimungkinkan karena roda besar U3-X sebenarnya terdiri atas bagian-bagian kecil berbentuk melingkar. Bagian-bagian kecil tersebut bisa berputar ke kiri dan ke kanan serta menggerakkan pengguna U3-X ke dua arah tersebut. Dengan menggabungkan gerakan-gerakan ini, U3-X mampu bergerak secara diagonal.
Teknologi kedua adalah balance control technology yang membuat level keseimbangan pada U3-X menjadi lebih baik. Pada teknologi ini, terdapat sensor yang mendeteksi kecondongan alat berdasar pada pergeseran berat badan pengendaranya.
Untuk mengatur kecepatan dan arah gerak U3-X, pengguna cukup mengarahkan berat badannya ke arah yang ingin dituju. Karena level keseimbangannya yang tinggi, pengguna tidak perlu takut jatuh ketika sedang mengendarai U3-X.
Fitur ketiga yang melengkapi keunggulan kendaraan personal ini adalah modelnya yang compact. U3-X memiliki kerangka yang ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja. U3-X mengadopsi bentuk desain monocoque body. Dudukan dan footrest untuk pengendara dapat dilipat ke sisi badan U3-X ketika tidak digunakan. Bagian atas alat ini juga dilengkapi handle yang memungkinkannya ditenteng ke mana-mana.
Berat U3-X yang kurang dari 10 kilogram membuatnya mudah dibawa-bawa. Dimensi U3-X juga tidak makan banyak ruang karena lebar alat ini didesain hanya selebar tubuh seseorang ketika berdiri.
Alat ini juga dapat sekaligus digunakan sebagai tempat duduk yang nyaman tanpa harus repot-repot menyeimbangkan badan. Ketika U3-X digunakan, tinggi badan pengendara tidak akan jauh berbeda dengan tinggi badan manusia ketika berdiri. Dengan begitu, sambil duduk di atas U3-X, pengguna bisa tetap mengobrol dengan orang lain secara nyaman.
Honda berencana memperkenalkan U3-X secara resmi dalam acara 41st Tokyo Motor Show 2009 yang diselenggarakan di Chiba, Jepang, pada 24 Oktober. Sayang, kendati sudah dikembangkan sedemikian rupa, Presiden Honda Motor Co. Takanobu Ito menyatakan bahwa pihaknya belum berencana memasarkan U3-X secara masal. (kiy/bs/rum)
Honda U3-X:
Dimensi ukuran (panjang x lebar x tinggi)31,5 x 16 x 65 cm
BeratKurang dari 10 kg
Baterai Litium-ion
Daya tahan baterai (full charge)1 jam
Kecepatan6 km/jam
Dudukan untuk pengendara bisa dilipat ke bawah, footstep juga bisa dilipat ketika tidak digunakan.
Ketika duduk di atas U3-X, posisi mata pengguna sejajar dengan mata manusia pada umumnya. Sehingga, pengguna bisa mengobrol secara nyaman dengan orang lain yang berdiri di dekatnya.
Lebar U3-X dirancang sedemikian rupa agar kurang lebih sama dengan ruang gerak yang dihabiskan seseorang. Sehingga, pergerakannya tidak akan makan tempat
source : harian jawapos
8 komentar:
wah.. keren nich honda...
makin maju nih teknologi jaman sekarang...
nice info sob...
wow keren nih, bebas macet ya...
Jepang lagi deh...
Honda memang tidak berhenti berkreasi, para enginernya selalu memiliki ide-ide yang cemerlang.
Kalau di Indonesia disarankan menggunakan sepeda ontel saja, apalagi bagi penduduk jakarta. Pencemaran sudah terlalu parah. Lagian mau beli produk honda ini kan mahal.
sebuah karya yang fantastis bro...gimana yach orang kok pinter2 gitu...makanya apa coba...ato keturunan yach
visist to website, i want to know about bisnis..thanx
Tekhnologi semakin maju aja ya....
Posting Komentar